Integrasi Nilai Budaya Jawa Tepa Salira dalam Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengembangkan Empati Peserta Didik

Penulis

  • Herlin Ika Nafilasari Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Henny Indreswari Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Muslihati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5457

Abstrak

Banyak sekali permasalahan interaksi sosial peserta didik dengan teman sebaya. Menurunnya rasa empati rentan memunculkan permasalahan yang timbul seperti bullying, kekerasan, intoleransi, dan sikap acuh tak acuh. Tujuan penelitian adalah analisis nilai budaya Jawa tepa salira dalam layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama untuk mengembangkan empati pada peserta didik di SMP. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Penelitian ini terdapat total 37 referensi yaitu  33 artikel ilmiah, dan 4 buku ajar. Selanjutnya data terkait dikumpulkan, dicatat, dan dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai budaya Jawa tepa salira sangat berkaitan erat dengan empati. Internalisasi budaya tepa salira mampu menumbuhkan perilaku empati peserta didik sehingga mereka dapat memahami orang lain dengan menyamakan pikiran dan perasaan. Kesimpulannya yaitu teknik sosiodrama dengan nilai budaya Jawa tepa salira memiliki peranan penting dalam menumbuhkan sikap empati dilingkungan sekolah agar peserta didik saling menghormati dan memahami orang lain dengan baik.

Keywords: budaya jawa tepa salira, teknik sosiodrama, empati

Diterbitkan

2023-11-26

Cara Mengutip

Nafilasari, H. I., Henny Indreswari, & Muslihati. (2023). Integrasi Nilai Budaya Jawa Tepa Salira dalam Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengembangkan Empati Peserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 444–452. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5457

Citation Check