Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Eko Perianto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Rita Dwi Jayanti Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5463

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri pada siswa kelas VI SD N Plembutan 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis Pre Eksperimental Design dengan One Group Pretest Posttest adapun populasi dan sampel sebanyak 5 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan angket yang menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Uji Paired Simple t-Test. Berdasarkan hasil analisis uji paired simple t-test diperoleh hasil rata-rata pretest = 80,60 dan rata-rata hasil posttest = 89,20 yang berarti terdapat kenaikan rata-rata sebesar 8,6. Sedangkan nilai t = -6.306 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,003 yang berarti < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosoidrama efektif untuk mningkatkan percaya diri pada siswa sekolah Dasar.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diri

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Perianto, E., & Jayanti, R. D. (2023). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 549–555. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5463

Citation Check