Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5463Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri pada siswa kelas VI SD N Plembutan 1. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis Pre Eksperimental Design dengan One Group Pretest Posttest adapun populasi dan sampel sebanyak 5 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan angket yang menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis Uji Paired Simple t-Test. Berdasarkan hasil analisis uji paired simple t-test diperoleh hasil rata-rata pretest = 80,60 dan rata-rata hasil posttest = 89,20 yang berarti terdapat kenaikan rata-rata sebesar 8,6. Sedangkan nilai t = -6.306 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,003 yang berarti < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosoidrama efektif untuk mningkatkan percaya diri pada siswa sekolah Dasar.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, percaya diri
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Eko Perianto, Rita Dwi Jayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.