Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Sekolah Adipangastuti di SMAN 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5489Abstrak
Kasus bullying di kalangan pelajar terus berkembang pesat di lingkungan sekolah dari berbagai jenjang, sehingga membutuhkan upaya secara preventif dan penanganan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi program anti-bullying yang diterapkan di SMAN 1 Surakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan berlokasi di SMAN 1 Surakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap narasumber dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengantisipasi dan mencegah bullying, SMAN 1 Surakarta mengimplementasikan kebijakan anti-bullying dengan beberapa program, antara lain: (1) peran aktif sekolah dalam mencegah dan menangani bullying; (2) penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Duta Sekolah Ramah Anak; serta (3) pelatihan sumber daya manusia melalui kerjasama dengan pihak eksternal. Dapat disimpulkan bahwa program anti-bullying di SMAN 1 Surakarta berhasil mencegah bullying, dan menunjukkan pentingnya evaluasi efektivitas program untuk mengembangkan program anti-bullying yang lebih optimal.
Kata kunci: sekolah adipangastuti, bullying, kebijakan anti-bullying
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rizqi Widyaningtyas, Rochman Hadi Mustofa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.