Internalisasi Nilai Petatah Petitih Minangkabau pada Teknik Self Instruction dalam Konseling Kelompok Cognitive Behavior Untuk Mereduksi Prokrastinasi Penulisan Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5524Abstrak
Diantara permasalahan yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir adalah terlambatnya wisuda yang diakibatkan oleh perilaku menunda pengerjaan skripsi sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai petatah petitih Minangkabau dalam konseling kelompok cognitive behavior dengan menggunakan teknik self instruction untuk mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur. Selanjutnya data terkait dikumpulkan, dicatat, dan dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai petatah petitih Minangkabau berkaitan erat dengan prokrastinasi penulisan skripsi. Kesimpulannya yaitu teknik self instruction dengan nilai petatah petitih Minangkabau memiliki peranan penting dalam mereduksi prokrastinasi penulisan skripsi agar mahasiswa bisa menyelesaikan skripsinya tepat waktu.
Kata Kunci: petatah petitih minangkabau, teknik self instruction, prokrastinasi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wadra Mony, Diniy Hidayatur Rahman, Arbin Janu Setiyowati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.