Model Pelatihan Peer-Counseling Pada Mahasiswa: Tinjauan Literatur Sistematis

Penulis

  • Moch. Syihabudin Nuha Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Hidayah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Fitri Wahyuni Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5695

Abstrak

Pada mahasiswa tahun pertama, mereka banyak mengalami ketegangan dan kecemasan yang dialami dalam menghadapi lingkungan barunya. Mahasiswa tahun pertama identik dengan bagaimana mereka meningkatkan kemampuan beradaptasinya di lingkungan baru. Mahasiswa tahun pertama perlu diberikan pembekalan melalui pelatihan pelatihan yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis yang dilakukan dengan 5 tahap. Dari 170 artikel, kemudian dilakukan penyaringan kualitas dan kriteria, didapatkan hasil 19 artikel yang berhasil untuk diidentifikasi dan dianalisis serta dirumuskan jawaban dari research question yang telah ditetapkan sebagai bagian dari tahapan tinjauan literatur sistematis. Berdasarkan hasil kajian literatur sistematis didapatkan hasil bahwa pelatihan Peer-Counseling dapat diberikan pada mahasiswa tahun kedua atau diatasnya, hal ini dikarenakan mereka lebih suka bercerita dan berkonsultasi mengenai masalahnya kepada teman sebayanya daripada kepada orang tua. Peer counseling merupakan cara atau model yang dapat dilakukan oleh konselor ahli atau guru Bimbingan dan Konseling kepada mahasiswa untuk dapat diberi pembekalan dan pelatihan.

Kata kunci: pelatihan, peer-counseling, adaptasi akademik, model peer to peer

Biografi Penulis

Fitri Wahyuni, Universitas Negeri Malang

Guidance and Counseling

Diterbitkan

2024-01-18

Cara Mengutip

Moch. Syihabudin Nuha, Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Model Pelatihan Peer-Counseling Pada Mahasiswa: Tinjauan Literatur Sistematis. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 818–840. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5695

Citation Check