Peranan Spiritualitas Dan Regulasi Emosi Terhadap Forgiveness Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Penulis

  • Eva Rosalia Dewi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Lely Ika Mariyati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Dwi Nastiti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8935-4347

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6063

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterkaitan antara spiritualitas dan regulasi emosi terhadap forgiveness pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendeketana kuantitatif metode korelasi. Sasaran pada penelitian ini yaitu siswa kelas 10 SMK dengan populasi sebanyak 254 terdiri dari 3 jurusan yaitu otomotif (TKRO), listrik (KTL), mesin (TPM). Sampel yang diambil sebanyak 146 siswa kelas 10 SMK. Pengumpulan data berupa skala likert spiritualitas, skala forgiveness, skala regulasi emosi. Hasil penelitian bahwa dominan dikategori rendah 52% dan sedang 48%. Hasil uji hipotesis membuktikan dalam penelitian ini semakin tinggi tingkatan spiritualitas dan regulasi emosi maka akan semakin tinggi pula tingkatan forgiveness, uji linear berganda menunjukkan nilai yang diberikan oleh spiritualitas dan regulasi emosi sebesar 23% kepada forgiveness dan hasil uji F spiritualitas dan regulasi emosi dapat memberikan dampak yang signifikan kepada forgiveness. Kesimpulannya bahwa hasil hasil tersebut menunjukkan secara simultan maupun secara individual spiritualitas, regulasi emosi dapat memberikan dampak yang signifikan kepada forgiveness.

Kata kunci: spiritualitas, forgiveness, regulasi emosi, siswa SMK

Diterbitkan

2024-05-08

Cara Mengutip

Eva Rosalia Dewi, Lely Ika Mariyati, & Dwi Nastiti. (2024). Peranan Spiritualitas Dan Regulasi Emosi Terhadap Forgiveness Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1508–1524. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6063

Citation Check