Adaptasi dan Standarisasi Multidimensional Aptitude Battery-II (Performa Tes) Sebagai Tes Intelegensi Bagi Siswa SMA Menggunakan Analisis RASCH Model

Penulis

  • Dewang Sulistiana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Indonesia
  • Juntika Nurihsan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nandang Rusmana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6593

Abstrak

Multidimensional Aptitude Battery-II (MAB-II) adalah salah satu tes yang telah digunakan secara luas untuk menilai kemampuan intelektual. Penelitian ini bertuuan untuk menguji efektivitas Multidimensional Aptitude Battery-II yang telah diadaptasi sebagai tes kecerdasan untuk siswa SMA, SMK dan MA. Penelitian ini menggunakan desain metode campuran dengan menggabungkan elemen utama dari tiga metode penelitian secara hierarki dan berkesinambungan, yaitu penelitian eksploratif, deskriptif-verifikatif, dan pengembangan. Penelitian dilakukan di beberapa SMA, SMK dan MA di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, dengan subjek penelitian siswa kelas X, XI dan XII yang dipilih menggunakan teknik probability sampling, yaitu stratifield random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Multidimensional Aptitude Battery-II. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara empiris, Multidimensional Aptitude Battery-II layak digunakan sebagai alat ukur kecerdasan untuk siswa SMA, SMK dan MA di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan uji empiri menggunakan analisis Rasch Model dengan sampel yang telah ditentukan.

Kata kunci: multidimensional aptitude battery-II, intelegensi, RASCH model

Diterbitkan

2024-08-22

Cara Mengutip

Dewang Sulistiana, Juntika Nurihsan, & Nandang Rusmana. (2024). Adaptasi dan Standarisasi Multidimensional Aptitude Battery-II (Performa Tes) Sebagai Tes Intelegensi Bagi Siswa SMA Menggunakan Analisis RASCH Model. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 460–471. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6593

Citation Check