Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknok Biblioedukasi Bermuatan Nilai-Nilai Budaya Hasthlaku Untuk Mengembangkan Empati Bystander Bullying Siswa SMP

Penulis

  • Alna Aulia Nabilla Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Diniy Hidayatur Rahman Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Eva Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7074

Abstrak

Empati adalah kapasitas afektif dalam memahami perasaan orang lain disertai kemampuan kognitif untuk memahami perspektif orang lain serta kemampuan mengkomunikasikan perasaan dan pemahamannya secara empatik terhadap orang lain baik dengan verbal maupun non verbal. Dalam terjadinya tindakan perundungan yang berperan tidak hanya pelaku dan korban saja, melainkan ada bystander dalam kejadian bullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik biblioedukasi bermuatan nilai-nilai budaya hasthalaku untuk mengembangkan empati bystander bullying siswa Madrasah Tsanawiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Hasil uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,027 < 0.05 dan pada kelompok kontrol sebesar 0.028 < 0.05. Penggunaan biblioedukasi bermuatan nilai-nilai budaya Hasthalaku membantu mengkonstruksi kognisi individu dalam memahami dirinya sendiri dengan bantuan informasi yang di dapat dalam bahan bacaan dan teks menarik dari nilai budaya Hasthalaku.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik bibilioedukasi, empati. nilai budaya hasthalaku

Diterbitkan

2024-12-10

Cara Mengutip

Alna Aulia Nabilla, Diniy Hidayatur Rahman, & Nur Eva. (2024). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknok Biblioedukasi Bermuatan Nilai-Nilai Budaya Hasthlaku Untuk Mengembangkan Empati Bystander Bullying Siswa SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 992–1003. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7074

Citation Check