BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.85Abstrak
faktor lingkungan. Seseorang yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi
lingkungan dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dengan kombinasi antara quota sampling
dan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test,
sedangkan analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penghitungan uji t-test
maka didapat nilai thitung = 2,7 dan nilai t tabel = 1,7 dengan demikian thitung > ttabel
sehingga hipotesis Ho ditolak. Penolakan Ho membuktikan bahwa ada perbedaan antara
rata-rata tingkat kepercayaan diri siswa dari hasil postest antara kelompok kontrol dan
eksperimen sehingga layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dapat
dikatakan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, kepercayaan diri, outbond
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.