BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Penulis

  • Anita Dewi Astuti IKIP PGRI Wates, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.85

Abstrak

Berbagai macam faktor mempengaruhi sikap dan perilaku individu, salah satunya adalah
faktor lingkungan. Seseorang yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap kondisi
lingkungan dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dalam
meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel dengan kombinasi antara quota sampling
dan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test,
sedangkan analisis data menggunakan t-test. Berdasarkan hasil penghitungan uji t-test
maka didapat nilai thitung = 2,7 dan nilai t tabel = 1,7 dengan demikian thitung > ttabel
sehingga hipotesis Ho ditolak. Penolakan Ho membuktikan bahwa ada perbedaan antara
rata-rata tingkat kepercayaan diri siswa dari hasil postest antara kelompok kontrol dan
eksperimen sehingga layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound dapat
dikatakan efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, kepercayaan diri, outbond

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Dewi Astuti, A. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.85

Citation Check