Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Perangkat Desa
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2524Abstract
Abstrak
Konsep diri yang dimiliki pada seseorang akan mempengaruhi komunikasi interpersonal sehingga komunikasi  interpersonal  menjadi  lebih  efektif  dan juga  dapat  menjadi  kurang  efektif. Seseorang  yang memiliki  konsep  diri yang  positif  akan  mudah  untuk  berinteraksi  dengan  lingkungan  nya  sehingga  orang tersebut memiliki sikap terbuka didalam dirinya. Komunikasi adalah suatu alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya, kehidupan manusia tidak akan terpenuhi jika tidak adanya komunikasi, karena sesama manusia kita pasti membutuhkan satu sama lainnya, dengan itu pentingnya komunikasi untuk membangun interaksi dengan orang lain.sedangkan Komunikasi interpersonal berkaitan juga dengan mempelajari perilaku manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Positif yang Signifikan Antara Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal pada Perangkat Desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kuantitatif.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  dokumentasi,  Observasi  dan Kuisioner.  Jenis penelitian  ini adalah  ex-post facto. Hasil  Penelitian menunjukan  adanya  pengaruh  yang signifikan  antara variabel Konsep Diri (X) terhadap Komunikasi Interpersonal (Y) Perangkat Desa pada saat bekerja di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, yang besar pengaruhnya 30,8% , masih terdapat sebesar 69,2% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.
Kata Kunci: Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal, Perangkat Desa
Â
Abstract
The  self-concept  possessed  by  a  person  will  affect  interpersonal  communication  so  thainterpersonal communication becomes more effective and can also become less effective. Someone who has a positive self-concept will be easy to interact with his environment so that person has an open attitude within himself. Communication  is a tool used by humans  to interact with other humans,  human life will not be fulfilled if there is no communication, because our fellow humans definitely need each other, with that the importance of communication to build interactions with other people. While interpersonal communication is also related to study human behavior. This research was conducted to determine the Significant Positive Effect of Self-Concept on Interpersonal Communication on Village Apparatus. The method used in this study is a quantitative method. Data collection is done through documentation, observation and questionnaires. This type of research is ex- post facto. The results showed that there was a significant influence between the variables Self-Concept (X) on Interpersonal Communication (Y) Village officials when working in Maredan Barat Village, Tualang District, Siak Regency, which had a large effect of 30.8%, there was still 69.2% determined by other factors that were not part of this study.
Keywords: Self Concept, Interpersonal Communication, Village Apparatus
References
DAFTAR PUSTAKA
Afriyadi, F. 2015. Efektivitas komunikasi interpersonal antara atasan dan bawahan karyawan pt.Borneo enterprsindo samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 362-376.
Agustiani H. 2006. Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung. PT. Refika Aditama
Almar, H. 2019. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Di Smp Negeri 2 Kemranjen Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Aprianto, R., Wulandari, W., & Hafifah, N. (2018). Pengembangan Aplikasi Web Mobile Penjadwalan Tugas Aparatur Desa Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 1(3), 81-86.
Chairunissa, C., & Dewi, D. A. (2021). Sudahkan Pancasila Terimplementasi Dengan Benar? Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 316–321. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1435
Fadila, F., & Hartini, H. (2017). Konsep Diri Anak Jalanan Di Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal FokusKonseling, 3(1), 67-77.
Febriyanti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1772
Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840
Hamid, I. 2018. Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1).
Handayani, V., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 811–816. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.2096
Hidayat, R. (2017). Perilaku Etis Dosen Dalam Perspektif Efikasi Diri,Kepemimpinan, Dan Komunikasi Interpersonal. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 37-44.
Hikmah, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meninjau Sejauh Mana Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 417–425. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1745
Indrayana, P. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Konformitas Kelompok Teman Sebaya Dengan Konsep Diri Remaja Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Konformitas Kelompok Teman Sebaya Dengan Konsep Diri Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3).
Irawan, S. (2017).Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-48.
Jessica & Mariyana. (2013). Pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 11(01), 126900.
Khairul Anwar, M., & Taufik, M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Pada Perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kiling, B. N., & Kiling, I. Y. (2015).Tinjauan konsep diri dan dimensinya pada anak dalam masa kanak- kanak akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(2), 116-124.
Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1-14.
Muhammad, Arni. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Jurusan ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 61-76.
Murjana, A. (2019). Wikipedia Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Bebas (2019).â€Pengertian Desa Menurut Para Ahli Serta Fungsi Ciri-Ciri Desaâ€
Murmanto, M. D. (2007). Pembentukan Konsep Diri Siswa melalui Pembelajaran Partisipatif (Sebuah Alternatif Pendekatan Pembelajaran di Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Penabur (No.08/Th. VI), 67.
Ngalimun, 2018. Komunikasi Interpersonal. Pustaka Belajar
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Pambudi, P. S., & Wijayanti, D. Y. (2012).Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 149-156.
Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020). Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. KONSELING : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 1(3), 104-110.
Rachmawati, D., & Listiyandini, R. A. (2014).Peran konsep diri terhadap resiliensi pada pensiunan. Jurnal Psikogenesis, 3(1), 1-12.
Rejeki, S. A. 2008. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Pemahaman Moral Pada Remaja. Jurnal Psikologi.
Ridwan, M. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., ...& Husain, H. (2021). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95-106.
Rizkiyani, R. (2012). PengaruhKonseling Kelompok terhadap Konsep Diri Remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Semarang (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).
Rubiyanti, Y., & Widyana, R. (2012).Pengaruh pelatihan pengungkapan diri terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal karyawan. Jurnal Psikologi.
Saemargani, F. I., & Mustikawati, R. I. (2015). M. Si., Ak. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran KAP, dan Opini Auditor Terhadap Audit Delay.
Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press
Suhenda, K. A. 2017. Gambaran Komunikasi Interpersonal Individu Dengan Ciri-Ciri Avoidant (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).
Weningtyas, E., & Suseno, M. N. M. (2012). Pengaruh komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 17(1), 33-42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M Ridwan Rosadi, Daeng Ayub, Dafetta Fitrilinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.