UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG VOLUME BANGUN RUANG YANG BERHUBUNGAN PANGKAT TIGA DAN AKAR PANGKAT TIGA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Abstract
Teguh KadiyonoABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang Volume Bangun Ruang Yang Berhubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Sumber data berasal dari data yang berhubungan dengan proses, data dampak tindakan yang dilakukan dan data yang digunakan sebagai dasar menilai keberhasilan tindakan yang akan dilakukan. Kondisi awal nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa sebelum diberi tindakan 45,83 dengan ketuntasan klasikal 22,22%. Pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 73,33 dengan ketuntasan klasikal 72,22% berarti belum terpenuhinya target ketuntasan klasikal 75% yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 84,44 dengan tingkat ketuntasan klasikal yang dicapai 94,44%. Dampak tindakan yang dilakukan adalah adanya perubahan perilaku siswa yang positif, siswa lebih aktif, senang, mampu bekerja sama dengan teman sehingga bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Kata Kunci: Hasil Belajar,Volume Bangun Ruang Yang Berhubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga
This research purported to improve math scores in volume of solid figure lesson correlated with cube number and cubic root. This research employed Class Action Research model, conducted in two cycles i.e. cycle I and cycle II. Each cycle covered planning, action, observation and reflection. Research subjects are grade V pupils as many 30 students. Data collection method relied on test, documentation and observations. Data were resourced from data pertaining process, data pertaining impact of action and data used to gauge and evaluate the success of action to be carried out. Prior to implementation the average of students’ score was 45,83 with classical completion as much as 22,22%. In cycle I the average score rose to 73,33 with classical completion of 72,22% which meant that the target of 75% classical completion as set by the researcher was not attained. In cycle II the average score was 84,44 with classical completion as high as 94,44%. Some of visible impacts were positive change in students’ attitude,
 Teguh Kadiyono adalah Guru SD Negeri Winonglor Korwilcambidik Kecamatan Gebang.
Jurnal Sosialita, Vol. 14, No.2, November 2020 Teguh Kadiyono, Upaya Meningkatkan…
328
students were more actively engaged, cheerful, able to cooperate with their peers and maintained useful role in their daily life and social setting.
Keywords: Score, Volume of solid figure correlated with factorial three and root of factorial three
Downloads
Published
2022-03-15
How to Cite
TEGUH KADIYONO, T. K. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG VOLUME BANGUN RUANG YANG BERHUBUNGAN PANGKAT TIGA DAN AKAR PANGKAT TIGA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Sosialita, 14(2). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2349
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Sosialita by Master of Social Studies Program is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International