PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • DWI KARTI DWI KARTI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstract

Dwi Karti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pemanfaatan Perpustakaan, dan Kemampuan Menggunakan Media Komputer terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa. Populasi penelitian ini adalah 891 siswa sekolah dasar yang tergabung dari 7 sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proporsional random sampling sebesar 200 responden yang terbagi dalam 7 sekolah yaitu SD Percobaan 3, SD Giriharjo, SD Baratan, SD Bulus, SD Purworejo, SD 1 Kaliurang, dan SD 2 Kaliurang. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data meliputi : 1) deskripsi data, 2) uji normalitas, 3) uji linieritas dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan regresi diperoleh bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) t hitung lebih besar dari t tabel (42,877> 1,900) dengan probalilitas variabel X1 (0,000) lebih kecil dari taraf signifikan 0,05., (2) pemanfaatan perpustakaan (X2) tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan regresi diperoleh bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan (X2) t hitung lebih kecil dari t tabel (0,149 < 1,900) dengan probalilitas variabel X2 (0,882) lebih besar dari taraf signifikan 0,05. (3) kemampuan menggunakan media pembelajaran komputer (X3) tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPSi (Y). Hal ini dibuktikan dengan penghitungan regresi diperoleh bahwa variabel kemampuan menggunakan media pembelajaran komputer (X3) t hitung lebih kecil dari t tabel (0,374 < 1,900) dengan probalilitas variabel X3 (0,709) lebih besar dari taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penghitungan regresi dapat disimpulkan bahwa F hitung lebih besar dari Ftabel (616,943 >3,257) dengan nilai probabilitas terjadinya kesalahan F hitung sebesar 0.000. Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan kepemimpinan kepala sekolah, pemanfaatan perpustakaan, dan kemampuan menggunakan media pembelajaran komputer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS.
Kata kunci : kepemimpinan kepala sekolah, pemanfaatan perpustakaan, kemampuan menggunakan komputer, prestasi belajar IPS.
This study aimed to determine the effect of Headmaster Managerial, Using the Library and Using Computer for Learning Achievement IPS in
 Dwi Karti adalah Kepala Sekolah SD Negeri Baratan, Pakem, Sleman.
Jurnal Sosialita, Vol. 13, No.1, Maret 2020 Dwi Karti, Pengaruh Kepemimpinan…
96
Elementary School. The subjects were 891 school students in UPT Pakem District, Sleman Regency. The samples were taken by using proportional random sampling of 200 respondents were divided into 7 elementary schools namely SD Percobaan 3, SD Giriharjo, SD Baratan, SD Bulus, SD Purworejo, SD 1 Kaliurang, dan SD 2 Kaliurang. Techniques of data collection is the questionnaire and documents . Data analysis techniques include : 1 ) a description of the data , 2 ) normality test , 3 ) linearity test and test hypotheses . Hypothesis test used is the partial correlation and multiple regression analysis. The results of headmaster managerial ( X1 ) has a positive and significant impact on learning achievement IPS ( Y ) . This is evidenced by the results obtained by the regression calculation that family education variables ( X1 ) t is greater than t table (42,877> 1,900) with probalilitas variable X1 ( 0,000 ) is smaller than the significance level of 0.05. The using of library ( X2 ) has not a positive and significant impact on learning achievement IPS ( Y ). This is evidenced by the results obtained by the regression calculation that sosiality variables ( X2 ) t is smaller than t table (0,149 < 1,900) with variable probabililitas X2 ( 0.882 ) is bigger than the significance level of 0.05 . Variable using computer ( X3 ) has not a significant impact on learning achievement IPS ( Y ), It can be seen from the regression calculation results obtained that the variable interest in learning ( X3 ) t is smaller than t table (0,374 < 1,900) with probalilitas variable X3 ( 0,709 ) is bigger than the significance level of 0.05 . Based on the results of the regression calculation can be concluded that the calculated F is greater than F table (616,943 >3,257) with the probability of error value calculated F of 0.00. These results prove that simultaneous headmaster managerial, using library and using computer have a significant impact on student achievement .
Keywords : headmaster managerial, using of library, using the computer, achievement IPS

Downloads

Published

2022-03-15