PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI, KEMAMPUAN KOMUNIKASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Abstract
Hasan Syukron MakmunABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri, kemampuan komunikasi, dan prestasi belajar IPS pada pembelajaran tematik dengan penerapan model Student Facilitator and Explaining (SFE). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri Rejosari yang berjumlah 23 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa; ditunjukkan meningkatnya sikap percaya diri dari 34,78%, menjadi 65,22% dan 86,96%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa; ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi 30,43%, menjadi 69,57% dan 82,61%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS; hal ini ditunjukkan dengan siswa tuntas 39,13%, meningkat 65,22% dan 86,96%.
Kata Kunci: percaya diri, kemampuan komunikasi, prestasi belajar, Student Facilitator and Explaining (SFE)
This research aimed to improve self confidence, communication skills, and IPS achievement in thematic learning at the sixth graders of Rejosari State Elementary School using Student Facilitator and Explaining (SFE) model. This was a classroom action research. Subjects involved 23 sixth graders at Rejosari State Elementary School. There were 4 (four) steps in this research, i.e. planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through documentation, questionnaire, and test. Data were analyzed using descriptive-quantitative technique with percentage. Result showed that the implementation of SFE cooperative learning model improved self confidence; this was indicated by self confidence from 34,78% to 65.22% and 86.96%. communication skills was indicated by the increasing from 30,43% to 69.57% and 82.61%. IPS achievement was indicated by the increasing number from 39,13% to 65.22% and 86,96%.
Keywords: self confidence, communication skill, learning achievement, Student Facilitator and Explaining (SFE)
Downloads
Published
2022-03-15
How to Cite
HASAN SYUKRON M, H. S. M. (2022). PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI, KEMAMPUAN KOMUNIKASI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Jurnal Sosialita, 13(1). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2363
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Sosialita by Master of Social Studies Program is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International