PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Abstract
Aris Priyanto dan SalamahABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar IPS melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IV SDN Kapiteran Kemiri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa: 1) rata-rata skor keterampilan berpikir kritis IPS sebesar 0,52 (52%) dan capaian di atas KKM ≥ 65 pada prasiklus oleh 8 peserta didik (40%), meningkat menjadi 0,67 (67%) dengan 13 peserta didik (65%) pada siklus 1, dan sebesar 0,85 (85%) dengan 17 peserta didik (85%) pada siklus ke-2; 2) rata-rata nilai prestasi belajar IPS sebesar 0,55 (55%) dan capaian di atas KKM ≥ 65 pada prasiklus oleh 8 peserta didik (40%), meningkat menjadi 0,71 (71%) dengan 13 peserta didik (65%) pada siklus 1, dan sebesar 0,87 (87%) dengan 17 peserta didik (85%) pada siklus ke-2.
Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, prestasi belajar, contextual teaching and learning (CTL)
This classroom action research aims to improve critical thinking skills and IPS learning achievement through contextual teaching and learning (CTL). The research procedure starts from planning, implementation, observation, and reflection. The techniques of collecting data are observations and tests within quantitative descriptive technique as the way of analysis data. Meanwhile, the subjects of this research are 20 students of fourth grade SDN Kapiteran Kemiri Purworejo, 2015/2016. The results of the study are: 1) the average score of critical thinking skill of IPS is 0,52 (52%) and achievement above KKM ≥ 65 on pre-cycle by 8 students (40%), increase to 0,67 (67 %) with 13 students (65%) in 1st cycle, and by 0.85 (85%) with 17 students (85%) in 2nd cycle; 2) the average IPS achievement score of 0.55 (55%) and achievements above the KKM ≥ 65 on pre-cycle by 8 students (40%), increased to 0.71 (71%) with 13 students (65 %) in 1st cycle, and by 0.87 (87%) with 17 students (85%) in 2nd cycle.
Keywords: critical thinking skills, learning achievement, contextual teaching and learning (CTL)