PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PENERAPAN BERMAIN DADU GEOMETRI

Authors

  • Puji Astuti Puji Astuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Kodiran Kodiran Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Puji Astuti dan Kodiran
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan metode bermain dadu geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok B TK Perintis Kaliwatu yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa: 1) penerapan metode bermain dadu geometri dapat meningkatkan keterampilan sosial pada prasiklus, siswa yang mencapai kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik 23,53%, dan meningkat pada siklus I mencapai 51,18% dan pada siklus II 90,58%; 2) penerapan metode bermain dadu geometri dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada prasiklus, siswa yang mencapai kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik 23,53%, dan meningkat pada siklus I mencapai 51,96% dan pada siklus II 91,18%.
Kata Kunci: keterampilan sosial, kemampuan berhitung permulaan, permainan dadu geometri
This research aims to improve social and early numeracy skills using the method of playing dice geometry with 17 students of Group B Perintis Kaliwatu Kindergarten as the subjects of research. The techniques of collecting data are observations and interview within quantitative descriptive technique with percentage as the way of analysis data. Based on the result of research, it can be concluded that: 1) the application of playing dice geometry method can improve students’ social skill in pre-cycle, reaching developing category according to expectation and developing very good around 23,53%, and it increase in 1st cycle around 51,18% and around 90,58% in 2nd cycle; 2) the application of playing dice geometry method can improve students’ beginning ability on counting in pre-cycle, reaching developed category as expected and improved very well around 23,53%, and it increase in 1st cycle around 51,96% and around 91,18% in 2nd cycle.
Keywords: social skills, early numeracy skills, game dice geometry

Downloads

Published

2022-03-22