PENINGKATAN MINAT, KOMITMEN, DAN KEMAMPUAN MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN GURU IPS SMP KECAMATAN MINGGIR

Authors

  • Sardiyono Sardiyono Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Sardiyono
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat, komitmen dan kemampuan guru dalam` menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS SMP Kecamatan Minggir melalui pendampingan secara berkelanjutan di Kecamatan Minggir Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah guru IPS SMP se-Kecamatan Minggir berjumlah 11 guru.Penelitian ini difokuskan pada peningkatan minat menyusun RPP, komitmen menyusun RPP, dan kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui pendampingan berkelanjutan. Pelaksanaan penelitian melibatkan kepala sekolah sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat guru dalam menyusun RPP dari rata-rata dari tahap awal sampai siklus II meningkat dari 73.82 menjadi 94.36 dengan kategori amat baik.Komitmen guru dalam menyusun RPP dari rata-rata tahap awal sampai siklus II meningkat dari 63.86 menjadi 95 dengan kategori amat baik. Kemampuan guru dalam menyusun RPP dari rata-rata tahap awal sampai siklus II meningkat dari 65.30 menjadi 98.13 dengan kategori amat baik. Tindak lanjut guru setelah diberi pendampingan secara berkelanjutan dalam penyusunan RPP, berusaha menerapkan teori yang sudah diperoleh ke dalam penyusunan RPP di waktu yang akan datang, dan berusaha menjadi sumber informasi terhadap para guru yang lain dalam penyusunan RPP.
Kata kunci: minat, komitmen, kemampuan menyusun RPP, pendampingan berkelanjutan
 Sardiyono adalah Pengawas Sekolah Madya Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 8, No.2, November 2016 Sardiyono, Peningkatan Minat, …..
218
This research aims to acknowledge how to improve the teacher interest, commitment and competency in designing lesson plan through continue guidance for social science junior high school teacher of Minggir district in 2016/2017 academic year.The subject of this research are the Social Science teachers of Junior High School in the Minggir district. There are eleven teachers. This research is focused in improving interest in designing lesson plan, commitment in designing lesson plan and competency in in designing lesson plan. The research is done by particpating the head master as the collaborator. The instrument in collecting data are questionaire, test, interview anddocumentary. The technique of analysis data use the qualutative and quantitatif descriptive. The result of research shows that the teachers’ interest in designing lesson plan increase from the beginning into the second cycle from 73.82 to 94.36 with advance level. The teachers’ commitment in designing lesson plan from the beginning into the second cycle from 63.86 to 95.00 with advance level. The teachers’ competency in designing lesson plan from the beginning into the second cycle from 65.30 to 98.13 with the advance level. The implication of the continue guidance in designing lesson plan, teachers try to apply the theory that they get in the future and become the source for other teachers in designing lesson plan.
Key words: interest, commitment, designing lesson plan, continue guidance

Downloads

Published

2022-03-22