PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Fitriyatul Masithoh Fitriyatul Masithoh Universitas PGRI Yogyakarta
  • Moch. Amin Moch. Amin Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Fitriyatul Masithoh dan Much Amien
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran teknik jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Ngablak yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa: 1) ada peningkatan minat belajar dengan menggunakan metode jigsaw pada siswa mulai saat prasiklus, siswa yang mencapai kategori minat tinggi adalah 78,13%, meningkat pada siklus I menjadi 65,63%, dan pada siklus II 84.37%. 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jigsaw yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa; pada prasiklus, terdapat 16 siswa tuntas (50%), meningkat menjadi 22 siswa (68,75%) pada siklus I, dan 28 siswa (87,50%) pada siklus II.
Kata kunci: minat belajar, hasil belajar, teknik jigsaw
This research aims to increase students’s interest and learning outcomes of IPS by applying jigsaw learning technique. The subjects of this research are 32 students of class VII MTs Ngablak. This research is a classroom action research which is conducted in 2 cycles. The data are collecte by using observation and tests, then analyzed by using quantitative descriptive analysis with percentages. The results of this research are: 1) there is an increasing of students’ learning interest on IPS using jigsaw technique from the pre-cycle, students who achieve high interest category are 78.13%, increase to 65.63% in 1st cycle, and 84.37 % in 2nd cycle. 2) There is an increasing of students’ learning results using jigsaw technique which can be seen from students’ mastery learning in pre-cycle, there were 16 students completed (50%), increased to 22 students (68.75 %) in 1st cycle, and 28 students (87.50%) in 2nd cycle.
Keywords: learning interest, learning result, jigsaw technique.

Downloads

Published

2022-03-22