PENINGKATAN MOTIVASI, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)
Abstract
Marharjono dan SunartiABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kedisiplinan, dan prestasi belajar siswa melalui tipe team games tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes dengan deskriptif komparatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan: (1) motivasi belajar siswa meningkat dari sebanyak 15 siswa (57,7%) pada prasiklus, menjadi 17 siswa (65,4%) dan 19 siswa (73,1%) pada pertemuan I dan II siklus I, serta menjadi 22 siswa (84,6%) dan 24 siswa (92,3%) pada pertemuan I dan II siklus II; (2) kedisiplinan belajar siswa meningkat dari 14 siswa (53,9%) pada prasiklus, menjadi 15 siswa (57,7%) dan 20 siswa (76,9%) pada pertemuan I dan II siklus I, serta menjadi 23 siswa (88,5%) dan 25 siswa (96,2%) pada pertemuan I dan II siklus II; serta (3) prestasi belajar sejarah meningkat, pada prasiklus nilai rata-rata 74,38 dan indeks ketuntasan 65,38% menjadi 76,46 dengan indeks ketuntasan 73,08% pada siklus I dan 84,35 dengan indeks ketuntasan 88,46% pada siklus II.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, team games tournament, prestasi belajar sejarah
This research aims to improve motivation, dicipline, and IPS learning achievement through team games tournament (TGT). This research is classroom action research with 2 cycles. The techniques of collecting data are observations, quotionares, and tests within comparative descriptive technique as the way of analysis data. The results of the study are: (1) students’ learning motivation increase from 15 students in pre-cycle to 17 (65,4%) and 19 (73,1%) in 1st and 2nd meeting of 1st cycle, then become 22 (84,6%) and 24 (92,3%) students in 1st and 2nd meeting of 2nd cycle; (2) students’ learning discipline increase from 14 (53,9%) students in pre-cycle to 15 (57,7%) and 20 (76,9%) in 1st and 2nd meeting of 1st cycle, then become 23 (88,5%) and 25 (96,2%) students in 1st and 2nd meeting of 2nd cycle; (3) students learning achievement increase from average score 74,38 with completeness index 65,38% in pre-cycle to 76,46 with completeness index 73,08% in 1st cycle and 84,35 with completeness index 88,46% in 2nd cycle.
Keywords: cooperative learning, team games tournament, history learning achievement