PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PERMAINAN JIGSAW
Abstract
Martini dan KodiranABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS dengan metode pembelajaran permainan jigsaw pada 21 siswa (subjek penelitian) kelas V SD Negeri Wonosari 1 Turi Sleman Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan cooperative learning model jigsaw dapat meningkatkan: (1) motivasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil pada prasiklus, motivasi belajar siswa 62,5%, meningkat menjadi 70,83% pada siklus I dan 95,83% pada siklus II; (2) prestasi belajar IPS siswa yang dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus naik dari 5,93, menjadi 6,75 pada siklus I, dan menjadi 7.77 pada siklus II. Untuk persentase ketuntasan belajar siswa pada prasiklus 25,8% meningkat menjadi 51,6% pada siklus I, dan meningkat 90,32% pada siklus II.
Kata Kunci: cooperative learning jigsaw, prestasi, motivasi belajar
Thisresearch aims to improve motivation and learning achievement of IPS with jigsaw learning method on 21 students (research subjects) of class V SD Negeri Wonosari 1 Turi Sleman Lesson 2015/2016. The techniques of collecting data are by interview, observation, and test. Then, the technique of data analysis is by quantitative descriptive with percentage. The results showed that the implementation of cooperative learning jigsaw model can improve: (1) students’ learning motivation which are showed by precycle result that students’ learning motivation 62,5%, increasing to 70,83% in 1st cycle and 95,83% in 2nd cycle; (2) students’ learning achievement of IPS which can be seen from the result of research that the average of students’ learning achievement in precycle rise from 5,93, to 6.75 in 1st cycle, and 7.77 in 2nd cycle. For the percentage of students' learning mastery are 25.8% in precycle, increase to 51.6% in 1st cycle, and 90.32% in 2nd cycle.
Keywords: cooperative learning jigsaw, achievement, learning motivation