PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG

Authors

  • Sartinah Sartinah Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Sartinah
ABSTRAK
Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan
bulan Mei 2021 di SD Negeri Kaliharjo. Subjek penelitian adalah hasil
belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kaliharjo tahun pelajaran
2020/2021 yang berjumlah 19 anak. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu menentukan perencanaan
tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan hasil tindakan
dan melakukan refleksi dari hasil pengamatan. Setiap siklus menerapan
model discovery learning dengan media model untuk meningkatkan
pembelajaran matematika tentang bangun ruang. Hasil penelitian
menunjukkan proses pembelajaran berjalan kondusif, proses pembelajaran
mencapai 94,50%.Rata-rata hasil ulangan 87,63 dengan ketuntasan belajar
100%.
Kata kunci: Discovery Learning, Media Model, Bangun Ruang
This classroom action research was conducted from January to May 2021
at SD Negeri Kaliharjo (Kaliharjo State Elementary School). Subjects
involve learning outcomes of 19 Fifth Graders at SD Negeri Kaliharjo in
2020/2021. The research was carried out by using classroom action
research method consisting of two cycles with four stages at each cycles,
i.e. planning, acting, observing, and reflection. Each cycle implemented
discovery learning model using model media to improve mathematics
learning on solid figures. Result showed that learning process conducively
run; learning process achieved 94.50%. The average test result was 87.63
with learning mastery of 100%.
Keywords: Discovery Learning, Model Media, Solid Figure

Downloads

Published

2022-04-05