UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PEMBERIAN TUGAS AWAL DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA

Authors

  • Maryono Maryono Universitas PGRI Yogykarta

Abstract

Maryono
ABSTRAK
Belajar yang merupakan proses kegiatan untuk mengubah tingkah laku
siswa, ternyata banyak faktor yang mempengaruhinya. Dari beberapa
faktor yang mempengaruhi itu, secara garis besar dapat dibagi dalam
klasifikasi faktor intern (dari dalam) diri siswa antara lain : motivasi,
minat, bakat,konsentrasi serta pemahaman.Faktor ekstern (dari luar) adalah
faktor yang datang dari luar diri siswa, antara alain : lingkungan keluarga,
lingkungan masyarakat, dan teman bermain serta sarana prasarana, dan
yang tidak kalah penting adalah metode mengajar guru. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
dokumentasi, wawancara dan angket. Angket dalam penelitian ini
digunakan untuk mengetahui data penggunaan metode pemberian tugas.
Dokumentasi yang digunakan adalah daftar nilai dan data pribadi
siswa. Pemberian tugas sebelum materi diajarkan akan memotivasi siswa
untuk kreatif dan berusaha secara maksimal mencari pemecahan dari tugas
yang diberikan guru. Siswa yang mendapat hal baru yang belum pernah
didapatkan dalam pelajaran sebelumnya akan tertarik dan tertantang untuk
mencari jawabannya dari berbagai sumber (berupa buku, nara sumber) dan
bahkan sesama siswa akan berdiskusi sehingga akan tercipta suasana
belajar yang kooperatif. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa salah
satunya dengan menggunakan layanan bimbingan belajar dengan
pemberian tugas awal sebelum materi pembelajaran di sampaikan. 2)
siswa untuk dapat memperoleh prestasi yang baik harus mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru di sekolah. Dengan mengerjakan tugas
tersebut maka siswa akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan
di sekolah.
Kata Kunci : Pemberian Tugas Awal Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
Learning as a process to change student’s attitude involves numerous
factors influencing. In general, the factors are divided into internal (from
the inside of the student) consisting of motivation, interest,
talent,concentration and understanding; and external (from the outside of
student) including family setting, community environment, peers, and
infrastructures, and also teaching method. Data collection in this research
included documentation, interview and questionnaire. The questionnaire
was exploited to identify data on the use of assignment method given. The
documentation consisted of students’ score list and private data. The
assignment was given to the students prior learning materials are taught in
motivating them to be creative and to maximally find solutions for the
assignment that teacher has given. The students get something new that
have not previously learned and they will be interested to search for the
solutions from various sources (books, persons) and even discussion will be
 Maryono adalah Tenaga Pendidik SMK N 1 Girisubo.
Jurnal Sosialita, Vol. 17, No.1, Maret 2022 Maryono, Upaya Meningkatkan Prestasi…
128
done among peers and hence cooperative learning atmosphere will be
created. To improve student learning achievement was conducted through
the use of learning counselling service by giving initial assignment before
learning materials taught. To get the best achievement student should do
the assignment that teacher gives at school. By doing the assignment,
student will be easier to understand materials taught at school.
Keywords: initial assignment, improve student’s learning achievement

Downloads

Published

2022-04-05