MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI BIMLAT MENTEL MENUJU SEKOLAH UNGGUL
Abstract
Endang Titik LestariABSTRAK
Dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah di SDN Candisari selama
masa pandemi covid 19, penulis menemukan sedikit permasalahan yang
perlu untuk segera diatasi, diantaranya keterampilan guru dalam
pembelajaran daring masih rendah karena memang hal yang baru bagi
mereka sebagai akibat dari pandemi covid-19. Begitu pula semangat belajar
untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya juga rendah. Penulis
selaku kepala sekolah SDN Candisari berusaha mencari solusi yang tepat
untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penulis mencari berbagai
pendekatan yang cocok, dan akhirnya memilih sebuah pendekatan yang
diberi nama Bimlat Mentel. Bimlat Mentel merupakan akronim dari
Bimbingan dan Latihan, Mentoring dan Teladan. Sebagai seorang Kepala
Sekolah tidak bosan bosannya memberi bimbingan dan latihan serta
melaksanakan mentoring dan juga berusaha sebagai teladan bagi gurugurunya.
Hal ini dilakukan agar keterampilan guru dalam mengajar daring
dapat tercapai sesuai harapan. Tak ketinggalan juga selalu memberi
semangat terhadap guru-gurunya untuk tetap meningkatkan
keprofesionalannya. Walaupun kita tahu bahwa pada saat ini masih dalam
masa pandemi covid-19.Tapi kita tetap semangat untuk mencerdaskan anak
bangsa untuk belajar dengan melakasanakan pembelajaran daring menuju
sekolah unggul. Dalam pengaplikasiannya, semua langkah operasional
yang dilaksanakan penulis dengan melaksanakan pendekatan Bimlat
mentel, terbukti mampu meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar
daring dan semangat guru dalam meningkatkan keprofesionalannya.
Sehingga kualitas pendidikan di SDN Candisari semakin meningkat baik di
bidang akademik maupun non akademik menuju sekolah unggul di masa
pandemi covid-19.
Kata Kunci: Bimlat, mentel, pembelajaran daring, sekolah unggul
In carrying out the duties as the school headmaster of SDN Candisari
(State Elementary School) during Covid 19 pandemic time, the writer
identified a problem need immediate response, among others related to
lower teacher’s skill in online learning since it is a new thing for them in
this Covid 19 pandemic time. Moreover, it is also related to the lower
learning motivation to improve their professional skill. As a headmaster,
the writer struggle to find accurate solutions for this problem. Various
appropriate approaches are looked for, and finally an approach was
selected and Bimlat Mentel. Bimlat Mentel is an acronym for Bimbingan
dan Latihan (Supervision and Training), Mentoring dan Teladan
(Mentoring and Coaching). As a school headmaster, she is untired to
provide her teachers with supervision and training, also mentoring and
coaching. This is conducted to make them have better online teaching skill
 Endang Titik Lestari adalah kepala sekolah SDN Candisari.
Jurnal Sosialita, Vol. 17, No.1, Maret 2022 Endang Titik L, Meningkatkan Keterampilan…
142
can be achieved as expected. Furthermore, they are also encouraged with
high motivation to consistently improve their professionalism from time to
time. Even we are still in the Covid-19 pandemic time, we have still strong
enthusiasm to provide our children with online learning-based education
toward excellent school. In its implementation, all operational measures
are conducted by using Bimlat mentel approach; and it is has been proved
to improve teachers’ online teaching skill and enthusiasm in upgrading
their professionalism. As a result, a better academic and non-academic
education quality at SDN Candisari towards excellent school is achieved
during this covid-19 pandemic time.
Keywords: Bimlat (training and supervision), mentel (mentoring and
coaching), online learning, excellent school