PENINGKATAN MOTIVASI, SIKAP PERCAYA DIRI, DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE SOSIODRAMA

Authors

  • Amir Amir Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Amir
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar IPS melalui
penerapan metode sosiodrama. 2) meningkatkan sikap percaya diri melalui
penerapan metode sosiodrama. 3) meningkatkan prestasi belajar IPS
melalui penerapan metode sosiodrama. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-A SMP Negeri 33 Purworejo yang berjumlah 34 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua
siklus. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) motivasi belajar IPS
dapat ditingkatkan dengan penerapan metode sosiodrama, hal ini dibuktikan
pra siklus siswa 14 siswa ( 41.18%), naik pada siklus I 25 siswa (73,53%),
dan pada siklus II 30 siswa (88,24%). 2) Sikap percaya diri dapat
ditingkatkan dengan penerapan metode sosiodrama, hal ini dibuktikan pra
siklus 11 siswa ( 32,35%), naik pada siklus I 23 siswa (67,65%), dan pada
siklus II 31 siswa (91,18%). 3) Prestasi belajar IPS dapat ditingkatkan
dengan penerapan metode sosiodrama, hal ini dibuktikan siswa mencapai
KKM pada pra siklus 9 siswa (26,47%,), naik pada siklus I 24 siswa
(70,59%), dan pada siklus II 32 siswa (94,12%).
Kata Kunci: motivasi, percaya diri, prestasi belajar, metode sosiodrama
This study aims to 1) improve students' motivation to learn social studies
through the implementation of sociodrama method. 2) improve the attitude
of self confidence through the implementation of sociodrama method. 3)
improve IPS learning achievement through the implementation of
sociodrama method. The subjects are students of class VIII-A SMPN 33
Purworejo totaling 34 students. Is this research is an action research when
performed two cycles. The methods of data collection using questionnaires
and tests. The data is analysis using quantitative descriptive analysis with
percentages. Based on the results of this study, it can be concluded 1)
motivation to learn IPS can be improved by the application of sociodrama
method, It can be seen from pre-cycle 14 students (41.18% ), the first cycle
increased to be 25 students (73.53%), and the second cycle increased to be
30 students (88.24%). 2) A self confident attitude can be improved by the
application of sociodrama methods, It can be seen from pre-cycle 11
students (32.35%), the the first cycle 23 students (67.65%), and the second
cycle 31 students (91.18%). 3) social studies achievement can be improved
by the application of sociodrama method. It can be seen from pre-cycle
KKM are 9 students (26.47%) in the first 24 students (70.59%), and the
second cycle 32 students (94.12%).
Keywords: motivation, self-confidence, academic achievement, sociodrama
method.

Downloads

Published

2022-03-17