MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DENGAN METODE INQUIRY

Authors

  • Darsono Darsono Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Darsono
ABSTRAK
Tujuan peneilitan ini untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata
pelajaran Sejarah dengan metode inquiri. Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 32
siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua
siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.Analisis data menggunakan deskripsi
kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan adalah 75% siswa
aktif dalam pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahawa
metode inquiri dapat meningkatkan keaktifan siswa pada : 1.perhatian siswa
terhadap penjelasan guru, siklus I sebesar 90.265% menjadi 93.75% pada
siklus II 2) kerjasamanya dalam kelompok dari 62.5% pada siklus I menjadi
93.75% pada siklus II 3) kemampuan siswa mengemukakan pendapat
dalam kelompok meningkat dari 43.75 pada siklus I menjadi 84.375 pada
siklus II 4) memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam
kelompok meningkat dari 53.125% pada siklus I meningkat menjadi
90.625% pada siklus II, 5) keputusan berdasarkan pertimbangan anggota
yang lain meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 81.25% pada siklus II.
Kata Kunci : Keaktifan siswa, pelajaran sejarah, metode inquiri
The aim of this research is to increase the activity of students in the subject
of history by using inquiry method. The research subjects are 32 students of
Social Sciences of grade XI 1 Yogyakarta. This study is a classroom action
research (CAR) with two cycles, with stages of planning, implementation,
observation and reflection. Data collection techniques used are observation
sheets, interviews, questionnaires and documentation. Data analysis
techniques used are quantitative descriptions and qualitative descriptions.
The success criteria are 75% of students active in learning history. The
results show that the inquiry method can increase student activity in: 1.
students' attention to teacher explanations, cycle I 90,265% become
93.75% in cycle II 2) cooperation in groups, from 62.5% in cycle I to
93.75% in cycle II 3) the ability of students to express opinions in groups,
increases from 43.75 in cycle I to 84,375 in cycle II 4) gives an opportunity
to share with friends in the group, increased from 53.125% in cycle I to
90,625% in cycle II, 5) decision based on the consideration of other
members, increased from 50% in the first cycle to 81.25% in the second
cycle.
Keywords: Student liveliness, history subject, inquiry method

Downloads

Published

2022-03-17