PENGARUH KEBUGARAN JASMANI DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA
Abstract
Sri Wahyuni dan SunartiABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kebugaran
jasmani terhadap prestasi belajar penjasorkes siswa kelas tinggi SD I
Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) pengaruh interaksi
sosial siswa terhadap prestasi belajar penjasorkes siswa kelas tinggi SD I
Donotirto Kretek Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, (3) Pengaruh
kebugaran jasmani dan interaksi sosial siswa secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul
TahunPelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan
kuantitatif dan menggunakan data yang bersifat ex post facto. Subjek
Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI
SD I Donotirto Kretek Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah
80 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test kesegaran
jasmani untuk usia 10-12 tahun, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi
Ganda. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa mayoritas siswa
memiliki kebugaran jasmani dalam klasifikasi kurang sebanyak 57,5%,
mayoritas siswa memiliki tingkat interaksi sosial dengan kategori baik
sebanyak 82,5%. Hasil pengujian regresi mendapatkan ; β = 0.395, thitung =
9.067 dengan p ≤ 0.05 (signifikan) pada variabel kebugaran jasmani.
Mendapatkan koefesien β = 0.090, thitung = 3.7952 dengan p ≤ 0.05
(signifikan) pada variabel interaksi sosial siswa. Mendapatkan koefesien
determinasi R = 0.580, Fhitung = 50.076 dengan p ≤ 0.05 (signifikan).
Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, kebugaran jasmani dan interaksi
sosial siswa secara parsial maupun bersama berpengaruh terhadap prestasi
belajar penjasorkes siswa kelas tinggi SD I Donotirto Kretek Bantul tahun
pelajaran 2015/2016. Semakin tinggi kebugaran jasmani dan interaksi sosial
siswa maka semakin tinggi Prestasi belajar penjasorkes.
Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Interaksi Sosial Siswa, Prestasi Belajar
Penjasorkes.
This research is aimed at finding out: (1) the influence of physical fitness
on physical education learning achievement of the upper grade students of
SDN I Donotirto Kretek Bantul in the academic year 2015/2016, (2) the
influence of social interaction on physical education learning achievement
of the upper grade students of SDN I Donotirto Kretek Bantul in the
academic year 2015/2016, and (3) the influence of physical fitness and
social interaction (simultaneously) on physical education learning
achievement of the upper grade students of SDN I Donotirto Kretek Bantul
in the academic year 2015/2016.This research was conducted by using
quantitative approach/method. The researcher used ex-post facto data. The
subjects of this research were eighty students of the upper grade (grade IV
– VI) of SDN I Donotirto Kretek Bantul Yogyakarta. The data were
 Sri Wahyuni adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Sunarti adalah Dosen Program
Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 12, No.2, November 2019 Sri Wahyuni dan Sunarti,Pengaruh…
254
collected through physical education test for 10 – 12 years old students,
questionnaires and documentations. The researcher used descriptive
analytic and double regression calculation to analyze the data.The result of
the descriptive analytic calculation shows that the majority of the students
(57.5%) were classified deficient on physical fitness variable and 82.5% of
the students were categorized good/excellent on social interaction. The
result of the regression calculation on physical fitness shows; β=0.395,
tquantification = 9.067 with Ï≤0.05 (significant). While the calculation result on
students’ social interaction shows; β=0.090, tquantification = 3.7952 with
ñ≤0.05 (significant). The calculation results also show the determination
coefficient R = 0.580, Fquantification = 50.076 with Ï≤0.05 (significant). Based
on the results above, it can be concluded that the students’ physical fitness
and social interaction (partially or simultaneously) influence the physical
education learning achievement of the upper grade students of SDN I
Donotirto Kretek Bantul in the academic year 2015/2016. The more active
students on social interaction and the fitter the students’ body, the higher
the learning achievement will be.
Key Words : Physical Fitness, Students’ Social Interaction, Physical
Education Learning Achievement