PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS V SD WINONGO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2017

Authors

  • sumaryatun sumaryatun Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Sumaryatun
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran inquiry pada siswa kelas V SD Winongo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Winongo Kasihan Bantul. Penelitian dilakukan di SD Winongo pada bulan Januari–Maret 2017 semester genap tahun pembelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), lembar observasi, angket, dan soal tes formatif. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry. Pada siklus I, keberhasilan tindakan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 71,13%, dikategorikan cukup, dan rata-rata hasil belajar pada akhir siklus I, adalah 75,18 dengan ketuntasan klasikal 68,18%. Pada siklus II, keberhasilan tindakan terhadap motivasi siswa sebesar 79,13%, dikategorikan baik, sedangkan dari hasil belajar siswa rata-rata kelas mencapai 81,8 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Hasil yang dicapai pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, yakni 80% siswa dengan KKM ≥75.
Kata kunci: Motivasi belajar, prestasi belajar, dan metode inquiry
This research aims to increase students’ learning motivation and achievement through inquiry learning method. This research is classroom action research with 22 students of 5th grade of SD Winongo Kasihan Bantul. This research was done around Januaryi–March 2017 in 2nd semester, 2016/2017 academic year. The collecting data by students’ activities sheet (LKS), observation sheet, questioners, and formative test. The data analyzed by using descriptive quantitative. The results of research show that students’ learning achievement increase from 1st cycle into 2nd cycle through inquiry learning method. In 1st cycle, the achievement of the action for students’ learning motivation around 71,13%, for enough category, and learning outcome rate in the end of 1st cycle is 75,18 with classical completeness 68,18%. Then in 2nd cycle, the achievement of the action for students’ motivation around 79,13% for good category, and learning outcome rate is 81,8 with classical completeness 86,36%. The results in 2nd cycle have reached achievement criteria for this research, are 80% of students have KKM ≥75.
Keywords:learning motivation, learning achievement, dan inquiry method

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

sumaryatun, sumaryatun. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS V SD WINONGO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2017. Jurnal Sosialita, 9(1). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2389