PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBERIAN PIN REWARD GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANAN 2 KALASAN SLEMAN

Authors

  • Etmi Wahyuni Etmi Wahyuni Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Etmi Wahyuni
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru melalui pemberian pin reward di SD Negeri Tamanan 2 Kalasan Sleman tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru-guru di SD Negeri Tamanan 2 Kalasan Sleman, yang berjumlah 9 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadi kenaikan skor kinerja guru dalam kelas pada prasiklus sebesar 656 dengan rerata 72,88, meningkat menjadi 670 rerata 74.44 pada siklus 1, dan 710 rerata 78,88 pada siklus 2. Demikian juga dengan kenaikan skor kinerja guru dalam kelas yang sesuai dengan standar, dari 44% pada prasiklus menjadi 66% pada siklus 1, dan 89% pada siklus 2. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pin reward mampu meningkatkan kinerja guru.
Kata kunci: guru sekolah dasar, kinerja guru, pemberian pin reward
The aim of this research is to increase teachers’ performance through giving pin reward in SD Negeri Tamanan 2 Kalasan Sleman, academic year 2015/2016. This research is school action research (SAR) in 2 cycles. The subjects of this research are 9 teachers in SD Negeri Tamanan 2 Kalasan Sleman. The used of data collecting technique is observation, questionnaires, field notes, and documentation. The technique of analysis data use descriptive qualitative and quantitative analysis. The results of this research show that the increasing of teachers’ performance score in class form 656 with the average is 72,88 in pre-cycle, become 670 the average is 74.44 in 1st cycle, and 710 the average is 78,88 in 2nd cycle. In the same case, there is also the increasing of teachers’ performance score that related to standard, from 44% in pre-cycle, become 66% in 1st cycle, and 89% in 2nd cycle. Moreover, it means that pin reward can improve teachers’ performance.
Keywords: elementary school teachers, teachers’ performance, pin reward

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Etmi Wahyuni, E. W. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBERIAN PIN REWARD GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANAN 2 KALASAN SLEMAN. Jurnal Sosialita, 9(1). Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2397