MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN KTSP MELALUI PEMBINAAN TERPROGRAM

Authors

  • Muhlasin Muhlasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun KTSP melalui pembinaan terprogram. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Agustus sampai dengan Oktober 2016 dengan subjek penelitian adalah tujuh Kepala Sekolah Dasar yang termasuk dalam daerah binaan peneliti. Sedangkan objek penelitian adalah kompetensi Kepala Sekolah Dasar dalam menyusun KTSP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/soal, dan observasi. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan terprogram dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dasar dalam menyusun KTSP. Nilai rata-rata tes awal adalah 65, sedangkan nilai rata-rata tes akhir 80, ada kenaikan 23,1%. Kepala sekolah dapat menjawab secara runtut pertanyaan mengenai KTSP, dapat menjelaskan prosedur dan isi KTSP. Tim di bawah pimpinan kepala sekolah dapat menyusun KTSP yang sesuai dengan buku Pedoman Penyusunan KTSP di Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh BSNP.

Kata Kunci: meningkatkan, kompetensi, pembinaan terprogram, KTSP

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Mulyasa E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang

Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang

Standar Isi (SI).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang

Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang

Pelaksanaan SI dan SKL.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional

Pendidikan.

Pujono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:

Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Suharsimi Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2020-05-14

Issue

Section

Articles