PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pendekatan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan di gugus WR Supratman UPT Dikpora Kecamatan Kaligesing melalui kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di WR Supratman dengan subjek penelitian guru SD di WR Supratman Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 8 guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dari kondisi awal guru yang belum mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PAKEM adalah 8 orang. Pada kondisi akhir siklus II menjadi yang masuk predikat Baik ada 75 %, dan yang amat baik 25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan di wilayah Gugus WR Supratmn Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: kemampuan guru, pendekatan PAKEM, supervisi klinis.