UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MODEL BERFIKIR MENULIS DAN DISKUSI MELALUI GURU MODEL
Abstract
Pengetahuan sains diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa pada pembelajaran sains, dan meningkatkan kreativitas dalam berfikir kritis, berkarya dan berkomunikasi pada pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dua siklus. Tempat penelitian yaitu gugus Kresna PPK kecamatan Loano. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas IV,V,VI sejumlah 15 orang. Objek penelitian adalah kompetensi guru dalam pembelajaran sains. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualititatif. Berdasarkan tindakan penelitian sekolah diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model BMD memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru kelas yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil mengajar dalam setiap siklus. Penerapan metode pembelajaran BMD mempunyai pengaruh positif dapat meningkatkan motivasi guru.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pembelajaran Sains, Model BMD
References
Ahmad Zainuri. 2008. Kiat Kreativitas Mengajar Bagi Guru Indonesia.
Kalimatan Timur: CV. Nur Hidayah.
Amien, Moh, 2002. Peranan Kreativitas dalam Pendidikan. Analisis kebudayaan. Jakarta : Depdikbud.
Deporter, B & Hemacki, M. 2003. Quantum Learning, PT. Mizan Pustaka
Bandung.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi IPA.
Kuntoro, SA. 1992. Nilai-nilai keagamaan dalam mengembangkan kreativitas anak (suatu tantangan bagi kehidupan modern) cakrawala pendidikan. Yogyakarta : PPM IKIP Yogyakarta.
Mulyana, E. 2003. Implementasi kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Meier, D. 2003. The Acceleratied Learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Nur Muhammad. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Pusat IPA dan Matematika
Sekolah. Surabaya: UNESA.
Nur Muhammad, 2003. Guru yang Berhasil dan pengajaran langsung.
Depatemen Pendidikan Nasional.
Semiawan, C, Munandar. A.S. dan Munandar, SOU. 1987. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta : Gramedia.
Universitas Negeri Malang. 2000. Kreativitas Berfikir Menulis dan berdiskusi
Sebagai Inovasi Pembelajaran. Malang: UM Malang.
Wahid Sholahuddin. tt. Berfikir Logis, Menulis Cekatan, Dialog Ilmiah,
Jakarta: Insan Ilmu.