PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEBAGAI PENGAMALAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sebagai pengamalan nilai moral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek peserta didik kelas IX SMP IT Bina Umat Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif naratif menurut Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS sesuai dengan kompetensi nilai moral yang harus dibentuk dalam kurikulum 2013. Faktor pendukung antaralain: kinerja pengurus, interaksi antara pendidik dan peserta didik, proses pembelajaran, dukungan orangtua, tokoh masyarakat dan warga setempat, lokasi yang strategis. Faktor penghambat antaralain: masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, keterbatasan TIM guru tata tertib, belum terlibatnya seluruh siswa dalam kegiatan Idul Adha, beberapa siswa masih membuang sampah sembarangan, pemanfaatan kotak saran sebagai sarana penyampaian saran dan kritik kepada sekolah sangat minim dilakukan oleh siswa.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS, Pengamalan Nilai Moral
This study aims to explain the implementation of character education, supporting factors and inhibitors of character education in social studies learning as the practice of moral values. This research is a qualitative study with the subjects of class IX IT Bina Umat Moyudan students, Sleman, Yogyakarta. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used descriptive narrative according to Miles and Hubberman. The results
 Subiyah adalah Mahasiswa Program Pasca Sarjana PIPS Universitas PGRI Yogyakarta dan Salamah adalah Dosen Program Pasca Sarjana PIPS Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 16, No.2, November 2021 Subiyah & Salamah, Pendidikan Karakter…
232
showed that character education is done by integrating into social studies learning in accordance with the competency of moral values that must be formed in the 2013 curriculum. Supporting factors include: management performance, interaction between educators and students, learning process, support of parents, community leaders and local residents, strategic location. Inhibiting factors include: there are still violations committed by students, limited TEAM teacher order, not yet involved all students in Eid al-Adha activities, some students still throw littering, the use of suggestion boxes as a means of delivering suggestions and criticism to the school is very minimal done by students .
Keywords: Character Education, Social Studies Learning, Moral Practice