PENINGKATAN MINAT BELAJAR, KEAKTIFAN BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK QUIZ TEAM

Penulis

  • Dewi Sufiyati Dewi Sufiyati UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • VICTOR NOVIANTO VICTOR NOVIANTO

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) peningkatan minat belajar IPS pada peserta didik; 2) peningkatan keaktifan belajar IPS pada peserta didik; 3) peningkatan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri Karanggede melalui Metode Pembelajaran Aktif Teknik Quiz Team Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dengan jumlah 23 peserta didik, 8 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran aktif teknik quiz team dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri Karanggede, Kec. Mirit, Kab. Kebumen. Peningkatan minat belajar IPS peserta didik pada prasiklus sebesar 29,21%, siklus I meningkat sebesar 34,93%, dan siklus II meningkat sebesar 40,04%. Peningkatan keaktifan belajar IPS peserta didik pada prasiklus sebesar 41,30%, siklus I meningkat sebesar 62,70%, dan siklus II meningkat sebesar 86,68%. Peningkatan hasil belajar IPS peserta didik pada prasiklus sebesar 57,52%, siklus I meningkat sebesar 77,47%, dan siklus II meningkat sebesar 79,34%. Persentase ketuntasan peserta didik pada prasiklus sebesar 13,04%, siklus I meningkat menjadi 65,21%, dan siklus II meningkat menjadi 91,30%.
Kata kunci : Minat Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Aktif Teknik Quiz Team
This study aimed to determine: 1) the increase in social studies interest in
students; 2) increasing social studies learning activeness in students; 3) improvement of social studies learning outcomes for fifth grade students of SD Negeri Karanggede through the Active Learning Method of the Quiz Team Technique for the 2020/2021 Academic Year. This type of research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings consisting of planning, implementing, observing, and reflecting stages. The research design used Kemmis and Taggart's model. The subjects of this study were 23 students, 8 boys and 15 girls. This data collection technique uses questionnaires, observation
 Dewi Sufiyati adalah Alumni Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Victor Novianto adalah Dosen Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 16, No.2, November 2021 Dewi Sufiyati & Victor, Peningkatan…
284
sheets, and tests. The data analysis technique used quantitative descriptive. The results showed that through the active learning method, the quiz team technique could increase the interest, activeness, and social studies learning outcomes of the fifth grade students of SD Negeri Karanggede, Kec. Mirit, Kab. Kebumen. The increase in students' interest in social studies learning in pre-cycle was 29.21%, cycle I increased by 34.93%, and cycle II increased by 40.04%. The increase in social studies activeness of students in the pre-cycle was 41.30%, the first cycle increased by 62.70%, and the second cycle increased by 86.68%. The increase in social studies learning outcomes of students in the pre-cycle was 57.52%, the first cycle increased by 77.47%, and the second cycle increased by 79.34%. The percentage of completeness of students in the pre-cycle was 13.04%, the first cycle increased to 65.21%, and the second cycle increased to 91.30%.
Keywords: Interest in Learning, Learning Activeness, Learning Outcomes, Active Learning Method of Quiz Team Techniques

Diterbitkan

2022-03-11