PENGARUH SARANA BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Penulis

  • TRIMARSIH TRIMARSIH UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
  • SUNARTI SUNARTI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sarana belajar, lingkungan belajar, dan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar IPS. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Segugus Ahmad Yani di Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 SD dengan jumlah siswa 138 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sensus, yakni penelitian yang melibatkan seluruh populasi penelitian sebagai subjek penelitian. Dengan demikian maka jumlah sampel yang diambil peneliti adalah 138 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan sarana belajar terhadap prestasi belajar IPS. Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar. Ada pengaruh yang positif dan signifikan sarana belajar, lingkungan belajar, dan kemampuan membaca pemahaman secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS.
Kata kunci: sarana belajar, lingkungan belajar, membaca pemahaman, prestasi belajar IPS
This research aimed to identify the effects of learning facilities, learning environment, and reading comprehension skill, collectively, on SS learning achievement. Population involved all 138 elementary school fourth graders of Ahmad Yani learning unit in Gebang sub-district, Purworejo district, in 2018/2019 academic year, from 9 (nine) elementary schools. This was a census study, i.e. a study involving all populations of the study as subjects. Hence, all 138 students were recruited as samples. Data collection techniques were questionnaires and documentation. Multiple linear regression was adopted as analysis technique. Result showed that there was positive and significant effects of learning facilities on the SS learning achievement. There was a positive and significant effects of learning environment on the SS learning achievement. There was a positive and significant effect of reading comprehension skill on the SS learning achievement. There were positive and significant effects of learning facilities, learning environment, and reading comprehension skill, collectively, on the SS learning achievement
Keywords: learning facilities, learning environment, reading comprehension, Social Studies learning

Diterbitkan

2022-03-14

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>