PENINGKATKAN MINAT, PARTISIPASI, DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VII

Penulis

  • Surbiyanti Surbiyanti Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Surbiyanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, partisipasi dan hasil
belajar peserta didik VII A SMP Negeri 1 Puring melalui media index cards
match tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP
Negeri 1 Puring, Kabupaten Kebumen dengan jumlah 32 peserta didik.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan. Indikator keberhasilan berdasarkan peningkatan hasil rata-rata
setiap siklus. Selain itu, juga memperoleh data kesiapan guru, minat,
partisipasi peserta didik, dan hasil belajar peserta didik, terhadap
pembelajaran dengan strategi index cards match. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi index
cards match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada Kondisi
awa, peserta didik yang memperoleh nilai tuntas belajar adalah 45,16%
meningkat pada akhir siklus II dengan ketuntasan belajar 87,1% sehingga
sudah melampaui target penelitian yaitu 85%. Hasil ini didukung oleh
kesiapan guru dan partisipasi peserta didik dengan kategori baik sekali, dan
respon peserta didik yang baik saat mengikuti pambelajaran dengan strategi
index cards match.
Kata kunci: Minat, Partisipasi, Hasil belajar IPS, dan Index Cards Match
This research aims to increase students interest, participation, and learning
outcomes of IPS in grade VIIA SMP Negeri 1 Puring through index cards
match, academic year 2018/2019. This research is classroom action
research. The subjects of research are students of grade VIIA SMP Negeri
1 Puring, Kabupaten Kebumen which are 32 students. This research is
done in two cycles and each cycle has two meetings. The indicator of
research success based on the increasing ararage result each cycle.
Besides that, researcher also get the data of teacher readiness, student
interest, participation, and learning outcomes in IPS through index cards
match media. The results of research show that learning by using index
cards match can improve students learning outcomes. In previous
condition, the students get learning values 45,16%. It increases to 87,1% in
the end of cycle, which shows the learning outcomes exceed reseach target
85%. This result supported by teacher readiness, students participation in
the best category, students interest in good category while learning using
index cards match.
Keywords: Interest, Participation, Learning Outcomes of IPS, Index Cards
Match

Diterbitkan

2022-03-17