HUBUNGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PABELAN MAGELANG TAHUN 2015

Penulis

  • Hasan Qodri Hasan Qodri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Moch. Amien Moch. Amien

Abstrak

Hasan Qodri dan Much. Amien
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang; (2) tingkat pendapatan orang tua; (3) motivasi belajar siswa; dan (4) hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah subjek penelitian adalah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda 3 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang tergolong sangat baik; (2) tingkat pendapatan orang tua siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang adalah untuk 22 siswa (45,83%) dengan penghasilan orang tua ≤Rp500.000,00 mempunyai nilai antara 80-100, untuk 17 siswa (35,42%) dengan penghasilan orang tua antara Rp500.001,00–Rp1.000.000,00 mempunyai nilai antara 70-95, dan untuk 9 siswa (18,75%) dengan penghasilan orang tua antara Rp2.000.001,00–Rp3.000.000,00 mempunyai nilai antara 70-95; (3) motivasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang tergolong baik; dan (4) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang, yang dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh rxy 0.332, sig = 0.021. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Kata kunci: pendapatan orang tua, motivasi, prestasi belajar
 Hasan Qodri adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dan Much. Amin adalah Dosen Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta.
Jurnal Sosialita, Vol. 9, No.1, Maret 2017 Qodri dan Amin, Hubungan Motivasi dan …
110
The aims of this research are to know: (1) students’ learning achievement in class XI of Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang; (2) parents income level; (3) students’ learning motivation; and (4) the correlation of students’ learning motivation and achievement in learning history of class XI of Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang, academic year 2015. This research use quantitative method by 48 students as research subjects. The collecting data use questionnaires and documentation. Then, the technique of data analysis use double regression 3 predictors. The results of this research show that: (1) students’ learning achievement in class XI of Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang is good; (2) parents income level are for 22 students (45,83%) around ≤Rp500.000,00, students have learning score 80-100, for 17 students (35,42%) around Rp500.001,00–Rp1.000.000,00, students have learning score 70-95, and for 9 students (18,75%) around Rp2.000.001,00–Rp3.000.000,00, students have learning score 70-95; (3) students learning motivation for class XI of Madrasah Aliyah Pondok Pabelan Magelang is good; and (4) there is a significant correlation between students’ learning motivation and achievement in learning history that shown by the results of data analysis rxy 0.332, sig = 0.021. It means that higher students’ learning motivation so higher students learning achievement.
Keywords: parents’ income level, motivation, learning achievement

Diterbitkan

2022-03-21

Cara Mengutip

Hasan Qodri, H. Q., & Moch. Amien, M. A. (2022). HUBUNGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH PONDOK PABELAN MAGELANG TAHUN 2015. Jurnal Sosialita, 9(1). Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2396

Terbitan

Bagian

Articles