UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL BERKARAKTER
Abstrak
Mujiyanta dan Djoko SuryoABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar IPS melalui pembentukan perilaku sosial berkarakter bangsa pada siswa kelas V SDN Taraman tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Taraman tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan aktivitas belajar melalui pembentukan perilaku sosial berkarakter bangsa pada siswa kelas V SDN Taraman tahun pelajaran 2015/2016, dilihat dari persentase yang dicapai pada prasiklus 17,65% meningkat menjadi 47,06% pada siklus 1, dan 82,36% pada siklus 2; (2) peningkatan motivasi belajar melalui pembentukan perilaku sosial berkarakter bangsa pada siswa kelas V SDN Taraman tahun pelajaran 2015/2016, dilihat dari persentase yang dicapai pada prasiklus 47,06 meningkat menjadi 78,59% pada siklus 1, dan 94,12% pada siklus 2.
Kata kunci: motivasi belajar, aktivitas belajar, perilaku sosial
This research aims to increase students’ learning motivation and activities in learning social science (IPS) through social attitude of nation character for 5th grade students in SD Negeri Taraman, academic year 2015/2016. This research is classroom action research with spiral model of Kemmis dan Taggart. The subjects of research are 17 students of 5th grade in SD Negeri, academic year 2015/2016. The technique of collecting data use observation and questionnaires. The analysis data use quantitative descriptive method. The results of this research show: (1) the increase of learning activities through social attitude of nation character for 5th grade students of SD Negeri Taraman, academic year 2015/2016, which shown from the increase of percentage each cycles from pre-cycle is 17,65% become 47,06% in 1st cycle and 82,36% in 2nd cycle; (2) the increase of learning motivation through social attitude of nation character for 5th grade students of SD Negeri Taraman, academic year 2015/2016, which shown from the increase of percentage each cycles from pre-cycle is 47,06% become 78,59% in 1st cycle and 94,12% in 2nd cycle.
Keywords: learning motivation, learning activities, social attitude
Unduhan
Diterbitkan
2022-03-21
Cara Mengutip
Mujiyanta, M., & Djoko Suryo, D. S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL BERKARAKTER. Jurnal Sosialita, 9(1). Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2398
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Sosialita by Master of Social Studies Program is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International







