PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX A SMP N I CANDIMULYO

Penulis

  • B. Puji Susilo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa terdiri dari 16 siswa putra dan 17 siswa putri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi mencapai 45.45% meningkat pada siklus II 66.67% dan pada siklus II 84.75%. (2) Penggunaan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 27.27%, meningkat pada Siklus I sebesar 51.51 % dan ketuntasan belajar siswa sebesar pada siklus II meningkat menjadi 81.82%.

Kata Kunci : model STAD, motivasi belajar, prestasi belajar

Diterbitkan

2020-05-14

Terbitan

Bagian

Articles