MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI GUGUS BIMA KECAMATAN BAGELEN

Penulis

  • Sukatmo Sukatmo Disdikpora Purworejo

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan kinerja guru dan menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, dan menyenangkan di Gugus Bima semester satu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berlangsung selama dua siklus. Penelitian dilakukan di 6 SD se Gugus Bima yang beralamat Kecamatan Bagelen , Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan terhadap enam guru kelas IV di SD Negeri Bedug, Krendetan, Semawung, Bagelen Kaliagung dan Hargorojo . Pelaksanaan penelitian pada semester satu tahun pelajaran 2018/2019. Hal yang diteliti adalah peningkatan kinerja guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah dokumen dan pengamatan selama kegiatan supervisi akademik berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru. Peningkatan kinerja enam orang guru dapat dilihat dari hasil telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan observasi pembelajaran di kelas. Peningkatan itu dapat dilihat dari rerata nilai supervisi yang semula 72.13 menjadi 80.77 pada siklus I, meningkat menjadi 90.98 pada siklus II. Dari penelitian ini dapat diperoleh simpulan bahwa melalui supervisi akademik kinerja guru dapat meningkat signifikan. Kata kunci : kinerja guru, supervisi akademik

Referensi

Abdul Masjid. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja

Rosdakarya.

Haryati. 2013. Penelitian Tindakan Sekolah .

Matew B Miles and A. Micael Huberman. 2009. Analisa Data Kualitatif.

Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyasa, Enco. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks

Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paul R. Burden and David M. Byrd. 1999. Methtot for Effective teaching, A

Viacom Company, amerika.

Permendiknas. 2006. Nomor 22 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Permendiknas. 2007. Nomor 12 tentang Standar Pengawas sekolah

Dasar/Madrasah

Permendiknas. 2007. Nomor 41 tentang Standar Proses untuk Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Sofyan, H. 2001. Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta: Delima

Press.

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Undang-Undang RI. 2003. Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zainal Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah, Bandung: Penerbit Yrama

Widya.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles