UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD MELALUI METODE TUTOR SEBAYA

Penulis

  • Budi Santosa Universitas PGRI Yogyakarta
  • Djoko Suryo Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Bungkus melalui penerapan metode tutor sebaya.Pengumpulan data aktivitas belajar dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dengan koesioner dan hasil belajar IPS dengan test ulangan harian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata aktivitas belajar mata pelajaran IPS kelas VI SD Bungkus UPT PP Kecamatan Kretek tahun pelajaran 2017/2018 dari pra siklus ke siklus I sebesar 20% dan dari siklus I ke siklus 2 sebesar 16%. Rata-rata nilai hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VI SD Bungkus juga mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 32%, dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 40%.

Kata kunci : Aktivitas belajar, Hasil belajar danMetode Tutor Sebaya.

Referensi

Alex Moore. 2000. Teaching and Learning, USA: Routledge Falmer.

Glenn, 2003, http://newali.apple.com/Peer_Tutoring.html

Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara

Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Slameto. 2005. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aditya

Media.

Suparno dkk. 2004. Menuju Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Universitas

Sanata Darma.

Diterbitkan

2020-05-30

Cara Mengutip

Santosa, B., & Suryo, D. (2020). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD MELALUI METODE TUTOR SEBAYA. Jurnal Sosialita, 10(2). Diambil dari https://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/724