MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK MELALUI KEGIATAN COACHING DENGAN POLA IN-ON-IN-ON

Penulis

  • Lilik Sujarwati Pengawas TK/SD KPurworejo

Abstrak

Kepala sekolah wajib melaksanakan supervisi akademik. Selama ini banyak kendala yang menghambat sehingga supervisi akademik tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik. Penelitian tindakan ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dalam 2 (dua) siklus dengan objek 8 kepala sekolah di Dabin 2 Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah dilakukan pembinaan dengan model coaching. Pada awal sebelum dilakukan tindakan dari 8 kepala sekolah tersebut hanya 32% yang melaksanakan supervisi akademik, pada siklus I mengalami perbaikan menjadi 59.4% dan siklus II meningkat lagi menjadi 89%. Kesimpulannya kegiatan coaching dengan pola In-On-In-On dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Caoching

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. PT Reneka Cipta Jakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan

Tenaga Kependidikan. Depdiknas. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta.

Glickman, Carl D. 1981. Developmental Supervision Alternative Practices for

Helping Teachers Improve Instruction, Alexandria, Virginia: ASCD

Martiyono, 2014. Mengelola dan Mendampingi Implementasi Kurikulum

Adaptasi Hasil Pelatihan Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, dan Pendamping. Kebumen: Aswaja Pressindo.

Oliva, Peter F. 1992. Supervision for Today’s Schools 2nd Edition, New

York: Longman Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar

Kepala Sekolah dan Madrasah.

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta:Rineka Cipta.

Sahertian, A. Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Membangun Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Silberman, Mel. 2013. Active Training Pedomen Praktis tentang Teknik,

Desain, Contoh Kasus dan Kiat. Bandung: Nusa Media.

Sujana, Hana, Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar

Baru Algesindo. Bandung.

Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dab Pengukurannya Analisis di Bidang

Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles