PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Penulis

  • Wantoro Wantoro Unversitas PGRI Yogyakarta
  • salamah salamah Universitas PGRI Yogyakarta

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar PPKn siswa kelas VIII D SMP 3 Imogiri Bantul tahun pelajaran 2017/2018 melalui pendekatan contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Imogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peningkatan Minat Belajar PPKn melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat pada pra siklus, minat siswa yang berkategori minimal tinggi sebesar 48,28%, meningkat pada siklus I 72,41% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,10%. 2) Peningkatan motivasi Belajar PPKn melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat pada pra siklus, motivasi siswa yang berkategori minimal tinggi sebesar 58,63%, meningkat pada siklus I 89,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,56%. 3) Peningkatan Prestasi Belajar PPKn melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hal ini dapat dilihat pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai KKM adalah 5 siswa (17,24%), meningkat pada siklus I 18 siswa (62,07%), dan pada siklus II 25 siswa (86,21%).

Kata Kunci: minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar, pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Referensi

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurlock. 2004. Psikologi perkembangan II. Balai Pustaka.

Mohammad Asrori. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Permendikbud nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sumadi Suryabrata. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles