PENGELOLAAN LAYANAN PENGEMBANGAN DIRI DI SEKOLAH PERBATASAN

Penulis

  • Sukiyanto Sukiyanto Pengawas Kabupaten Purworejo

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan pengembangan diri untuk kegiatan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri Kembaran UPT P dan K Loano Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan desain studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data yang disusun di lokasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Temuan menunjukkan bahwa layanan pengembangan diri untuk kegiatan konseling dilakukan oleh guru kelas, karena sekolah belum memiliki guru konseling. Aspek yang dikembangkan dalam layanan ini adalah keterampilan pribadi siswa, keterampilan belajar, dan keterampilan sosial. Guru kelas yang mengadakan layanan dalam bentuk individu, kelompok, dan klasikal masih memiliki kendala, yaitu media yang belum disiapkan. Pengelolaan pengembangan diri untuk kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah melakukan kerjasama dengan orang tua terutama sebelum kegiatan dan melakukan evaluasi untuk aspek program, penasihat, dan hasil kegiatan. Pengembangan layanan mandiri di sekolah ini membantu membentuk nilai-nilai karakter siswa yang menjadi subjek layanan.

Kata kunci: layanan, pengembangan diri, perbatasan

Referensi

Esposito. 2006. “Group-Oriented Practices of Middle School Counselorsâ€.

Journal of Counselor Education. Vol 1 No 1. Pg: 1-216.

Fawcet. 2010. “Multicultural Counseling Competency Development with a

Guatemala Travel Studyâ€. Journal for International Counselor Education. Vol 2 No 1.

Harsono. 2008. Model-model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Harsono. 2011. Etnografi Pendidikan Sebagai Desain Penelitian Kualitati.

Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mantja, W. 2007. Etnografi, Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan

Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.

Moleong, L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja

Rasda Karya

Reardon and Lenz. 2008. “Holland’s Theory and Career Assessmentâ€.

Journal of Vocational Behavior. Vol 55 No 55. Pg: 102–113

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya.

Diterbitkan

2020-05-30

Terbitan

Bagian

Articles