PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR SISWA MELALUI METODE MEMORY MNEMONIC PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penulis

  • Nobertha Mandessy Universitas PGRI Yogyakarta
  • Tarto Sentono
  • Sunarti Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/js.v20i2.8628

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran memory mnemonic terhadap peningkatan kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Negeri 2 Maluku Tenggara. Mata pelajaran PKn, yang esensial dalam pembentukan karakter bangsa, seringkali dihadapkan pada tantangan metode pembelajaran yang cenderung berorientasi pada hafalan, sehingga membatasi pengembangan kompetensi secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest, dengan melibatkan 60 siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Maluku Tenggara yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontorl masing- masing 30 siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen tes untuk kompetensi kognitif, lembar observasi untuk kompetensi afektif, dan rubrik penilaian untuk kompetensi psikomotor. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor tes kognitif kelompok eksperimen. Selain itu, implementasi metode mnemonik juga secara positif memengaruhi kompetensi afektif dan psikomotor, yang terbukti dari meningkatnya partisipasi aktif, kolaborasi, dan keterampilan praktis siswa. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran memory mnemonic merupakan pendekatan holistik yang efektif meningkatkan ketiga ranah kompetensi, sekaligus mengatasi keterbatasan pembelajaran hafalan tradisional dalam PKn.

Diterbitkan

2025-09-15

Cara Mengutip

Mandessy, N., Sentono, T., & Sunarti. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR SISWA MELALUI METODE MEMORY MNEMONIC PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Sosialita, 20(2), 102–110. https://doi.org/10.31316/js.v20i2.8628