HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS BELAJAR DI LINGKUNGAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1183Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas belajar di lingkungan kelas dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian sebanyak 158 siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan tahun ajaran 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota random sampling, dan sampel yang diambil 15% dari jumlah populasi yaitu 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan data dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 20.0 (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar di lingkungan kelas dengan hasil belajar yang ditunjukkan dengan harga rhitung sebesar 0,568 dengan p = 0,04 lebih kecil dari 0,05. Artinya, semakin tinggi aktivitas belajar di lingkungan kelas maka semakin tinggi hasil belajar. Sebaliknya, semakin rendah aktivitas belajar maka semakin rendah hasil belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan belajar di sekolah harus lebih diintensifkan agar siswa-siswi memiliki hasil belajar yang baik.
Kata kunci: aktivitas belajar di lingkungan kelas, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.