PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN DAN PERUBAHAN ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 6 BATURETNO

Authors

  • Siti Zulaicha SD Negeri 6 Baturetno, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1565

Keywords:

aktifitas dan hasil belajar, energi listrik, metode snowball throwing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada materi perpindahan dan perubahan energy listrik menggunakan metode pembelajaran snowball throwing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 6 Baturetno. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 17 (100%) siswa menunjukkan keaktifan belajar dengan kategori sangat baik dimana nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 87,5. Selanjutnya, berkaitan dengan hasil belajar siswa terdapat 15 (88,2% ) siswa memperoleh hasil belajar yang sangat baik dimana nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 83,5. Mengacu pada hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi perpindahan dan perubahan energy  listrik, pada siswa kelas VI SD Negeri 6  Baturetno Kabupaten Wonogiri Semester 2 Tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Zulaicha, S. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERPINDAHAN DAN PERUBAHAN ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 6 BATURETNO. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 203–210. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1565

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.