PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2196Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam
mengatasi Bullying Siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan Bantul untuk mengetahui faktor
penyebab terjadinya Bullying siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian
guru Bimbingan Konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan oleh peneliti
sebanyak 3 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tahap
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi Bullying
siswa kelas VIII SMP N 1 Kasihan Bantul adalah dalam tindakan preventif memberikan
pemahaman atau pengetahuan Bullying melalui bimbingan klasikal, memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berkonsultasi dalam layanan bimbingan konseling secara
pribadi tentang permasalahan yang dihadapinya, dalam tindakan kuratif mencari data
tentang penyebab dan latar belakang siswa dan memberikan konseling dengan peserta
didik (pelaku) Bullying. Faktor penyebab Bullying faktor lingkungan pergaulan siswa
yang sering memaki, menghina, menjuluki dan berkata kotor dan faktor lingkungan
keluarga.
Kata kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Bullying
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.