EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GODEAN TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3475Keywords:
Bimbingan Kelompok, Perkembangan KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan populasi seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Sampel dalam penelitian ini mengambil 6 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh nilai t= 11,984 dengan nilai p= 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa kelas VII selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 2 Godean Tahun Ajaran 2020/2021. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dengan efektif sehingga dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring. Â
Â
References
Amalia, A & Fathonah, S. 2020. Penerapan pembelajaran daring dragonlearn pada era pandemic covid¬-19 (Studi kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, I(3), 148-164.
Hartinah, Siti. 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: T Refika Aditama.
Ipda, F. 2005. Perkembangan kognitif teori Jean Piaget. Intelektualita 3(1).
Prayitno. 2009. Layanan bimbingan kelompok. Padang: Universitas Padang.
Romlah, Tatik. 2008. Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/U U20-2003-Sisdiknas.pdf. Di unduh 18 Maret 2021
Wibowo, M.E. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Winkel. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










