EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GODEAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Virgitha Andhini Yusuf Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Ernawati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3475

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Perkembangan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Penelitian ini  menggunakan pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan populasi seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Sampel dalam penelitian ini mengambil 6 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh nilai t= 11,984 dengan nilai p= 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perkembangan kognitif siswa kelas VII selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 2 Godean Tahun Ajaran 2020/2021. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dengan efektif sehingga dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa selama pembelajaran daring.  

 

References

Amalia, A & Fathonah, S. 2020. Penerapan pembelajaran daring dragonlearn pada era pandemic covid¬-19 (Studi kasus di MI Ma’had Islam Kopeng). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, I(3), 148-164.

Hartinah, Siti. 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: T Refika Aditama.

Ipda, F. 2005. Perkembangan kognitif teori Jean Piaget. Intelektualita 3(1).

Prayitno. 2009. Layanan bimbingan kelompok. Padang: Universitas Padang.

Romlah, Tatik. 2008. Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/U U20-2003-Sisdiknas.pdf. Di unduh 18 Maret 2021

Wibowo, M.E. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Winkel. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Yusuf, V. A., & Ernawati, I. (2022). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS VII SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GODEAN TAHUN AJARAN 2020/2021. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 345–349. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3475

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.