EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 3 PATI

Authors

  • Hany Muhammad Rifqi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arri Handayani Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • G. Rohastono Ajie Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3465

Keywords:

bimbingan klasikal diskusi, motivasi belajar

Abstract

Permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada efektif layanan bimbingan klasikal dengan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 3 Pati. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan klasikal metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 3 Pati. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan desain true experimental design dengan teknik posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 6, XI MIPA 7, XI MIPA 8, XI MIPA 9, XI IPS 1, XI IPS 2 , dan XI IPS 3 dengan jumlah siswa 377 orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak yang kemudian dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 kontrol. Pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Hasil analisis penelitian ini diketahui bahwa uji independent sample test diperoleh data post-test dengan nilai sig 0,006 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa pada kelompok yang diberikan perlakuan atau perlakuan. melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode diskusi.

References

Adison, Joni. (2021). Efektifitas Penggunaan Metode Diskusi Pada Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pengembangan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik (Studi Eksperimen Di Kelas Xi Ips1 Sma Negeri 2 Koto Xi Tarusan). Jurnal Inofasi Penelitian. 1 (10).

Andrian, Rike. & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4 (1), 80-86.

Anjar, Tri. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Dasar Konseling Pada Mahasiswa Calon Konselor. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. 3 (1), 74-81.

Cahyani, Ninda Ayu Putri. (2017). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Tegal Siwalan Probolinggo. Jurnal Konseling Indonesia. 3 (1), 22-27.

Fatimatuzzahrah, Ainin. (2020). Keefektifan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dalam Penyelesaian Studi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1), 1-7.

Hamdayama, Jumanta. (2015). Model dan Metode Pembaelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hamdani. & Afifuddin. (2012). Bimbingan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia, CV.

Hamdu, Ghullam & Lisa, Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1), 81-86.

Hermawan, Rian. (2014). Keefektifan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling. 2 (2), 72-75.

Kemendikbud. (2016). Panduann Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remja Rosdakarya.

Ratumanan. & Imas, Rosmiati. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumantri, Muhammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Rifqi, H. M., Handayani, A., & Ajie, G. R. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 3 PATI. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 258–268. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3465

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.