HUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN GAYA BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA N 1 BANJARHARJO BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Tanti Widianti Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Wiwik Kusdaryani Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Farikha Wahyu Lestari Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3470

Keywords:

kesulitan belajar, gaya belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya proses pembelajaran yang dilaksanakan selama pandemi covid-19 yaitu Belajar dari Rumah (BDR) pada peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Selama program Belajar dari Rumah (BDR) peserta didik belum mengenali gaya belajar dalam mempersiapkan strategi yang cocok untuk dilakukannya. Namun, tidak semua proses belajar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal tersebut terjadi karena adanya kendala-kendala selama proses belajar berlangsung. Salah satu kendala yang sering dijumpai adalah kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kesulitan belajar dengan gaya belajar selama pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesulitan belajar dengan gaya belajar selama pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Banjarharjo Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan semua anggota populasi yang dimiliki oleh populasi tersebut yaitu sampel dalam penelitian ini  kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang berjumlah 45 peserta didik. Berdasarkan uji korelasi person product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,557. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 45 dengan taraf signifikansi 5% didapat sebesar 0,294. Oleh karena nilai r hitung 0,557 > r tabel (0,294), maka disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara kesulitan belajar dengan gaya belajar selama pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Banjarharjo Brebes. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan peserta didik untuk mengatur segala aktivitas belajarnya selama pandemi covid-19 agar mereka tidak merasa kesulitan belajar sehingga memahami gaya belajar mereka sendiri seperti bagaimana memahami pelajaran dengan baik, dan dapat menerima materi pelajaran yang disajikan oleh guru dengan baik.

References

Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bire, dkk. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 44, Nomor 2, November 2014, Halaman 168-174.

Kurniasari, dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Vol 6, No 3, September 2020 Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD e-ISSN: 2460-8475.

Lestari, 2015. Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja. [ISSN 2406-8691 VOLUME 2 NOMOR 2, OKTOBER]

Maudi, dkk. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar dan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelas IX Di SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal BENING Volume 1 Nomor 2 Juni 2017.

Rahman, dkk. 2015. Pengaruh Kecemasan Dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran p-ISSN: 2354-6883; e-ISSN: 2581-172X Volume 3, Nomor 1, Juni 2015.

Subiantoro, dkk. 2019. Hubungan antara Kesulitan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sumbawa. JURNAL PSIMAWA Jurnal Diskursus Ilmu Psikologi & Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Juni 2019 Halaman 14-17.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sundayana, dkk. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 ISSN 2086 4280.

Taqwa, dkk. 2015. Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN se-Kota Jambi. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5.

Taiyeb, dkk. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Ssiswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, Volume 16, Nomor 1, April 2015, hlm.8-16.

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

Widianti, T., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2022). HUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN GAYA BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA N 1 BANJARHARJO BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i2.3470

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.