Grit dan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Tahun Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4771Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain korelasi Spearman’s rho. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 236 mahasiswa tahun pertama yang berusia 18-22 tahun dengan menggunakan teknik insidental sampling. Pengukuran penelitian menggunakan Grit Scale (α = 0,864) dan Self-Regulated Learning Scale (α = 0,925). Hasil penelitian membuktikan bahwa grit berhubungan positif signifikan dengan regulasi diri dalam belajar (r = 0,912 dengan sig. = 0,000). Grit memberi sumbangsi sebesar 83,1% terhadap regulasi diri dalam belajar. Penerapan grit pada mahasiswa tahun pertama dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi ketidakmampuan meregulasi diri dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah grit menjadi salah satu faktor yang berhubungan kuat dengan regulasi diri dalam belajar.
Kata kunci: grit, regulasi diri, mahasiswa tahun pertama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Stifhany Angelina Bata, Arthur Huwae
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.